Daihatsu menorehkan prestasi penjualan ritel hingga Mei 2025 sebanyak 56.715 unit. Angka ini menunjukkan kontribusi 17,2 persen terhadap total pasar otomotif nasional yang mencapai 329 ribu unit.
Keberhasilan Daihatsu di Tengah Pasar Otomotif yang Menurun
Tiga model andalan Daihatsu, Sigra, Gran Max Pick Up, dan Terios, menjadi penggerak utama penjualan.
Sigra memimpin dengan penjualan 17.823 unit (31% dari total penjualan Daihatsu), diikuti Gran Max Pick Up 14.849 unit (26%), dan Terios 6.874 unit (12%).
Tri Mulyono, Marketing and Customer Relations Division Head PT Astra International Tbk. Daihatsu Sales Operation, mengapresiasi kepercayaan pelanggan sebagai kunci keberhasilan ini. Daihatsu berkomitmen untuk terus berinovasi dan menghadirkan layanan terbaik.
Strategi Daihatsu dalam Memenangkan Pasar
Daihatsu aktif mendekatkan diri kepada pelanggan melalui program menarik seperti Daihatsu Mid Deals.
Program ini menawarkan kemudahan pembelian dengan harga menarik, skema pembiayaan fleksibel, dan berbagai bonus lainnya, berlangsung mulai 19 Mei hingga 30 Juni 2025.
Tidak hanya penjualan, Daihatsu juga fokus pada layanan purna jual. Parade Kinclongin menawarkan diskon perawatan dan perbaikan body, serta perawatan AC hingga Juni 2025.
Program Daihatsu Reunion memberikan harga spesial servis untuk pelanggan lama yang sudah lebih dari satu tahun belum melakukan servis berkala. Program ini berlangsung dari 28 Mei hingga 20 Juni 2025.
Gambaran Pasar Otomotif Nasional: Penurunan Penjualan
Data Gaikindo menunjukkan penurunan penjualan mobil secara nasional pada Mei 2025.
Penjualan mobil secara wholesales turun 15,1 persen yoy menjadi 60.613 unit, sementara penjualan ritel turun 15,1 persen yoy menjadi 61.339 unit.
Tren penurunan ini berlanjut sejak tahun 2024, dengan produksi kendaraan roda empat yang turun 15,5 persen (yoy) hingga November 2024.
Tantangan industri otomotif saat ini terkait penurunan produksi dan penjualan memerlukan dukungan kebijakan pemerintah untuk menciptakan kondisi ekonomi yang lebih kondusif.
Keberhasilan Daihatsu di tengah kondisi pasar yang kurang menguntungkan menunjukkan strategi penjualan dan layanan purna jual yang efektif. Ke depannya, peran dukungan kebijakan pemerintah akan sangat krusial bagi pemulihan industri otomotif nasional.